3 Variasi Makanan Ini Ampuh Bersihkan Usus

Data dokter – Praktik pembersihan usus secara natural berasal dari Yunani kuno. Tujuan utama dari pembersihan usus yaitu untuk membersihkan usus besar dari sejumlah kotoran yang mampet merekat di dindingnya dan diduga berbisa. Kecuali itu, praktik ini dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Berikut yaitu sebagian makanan yang dianggap ampuh membersihkan usus besar secara natural.

Makanan kaya serat

Penting untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan serat tak larut. Variasi makanan ini diandalkan menambahkan massa feses dan meningkatkan kecepatan pergerakan makanan dalam saluran gastrointestinal, berperilaku sebagai pencahar natural. Makanan tumbuh-tumbuhan seringkali dianggap sebagai makanan diet sebab rendah kalori dan tinggi serat. Umpamanya, seereal gandum mengandung 11,3 gram serat tak larut per ½ cangkir dan dianggap sebagai sumber yang sungguh-sungguh kaya serat sehingga dapat meningkatkan massa feses secara signifikan. Kecuali itu, kacang merah juga kaya akan serat tak larut, sekitar 5,9 gram per ½ cangkir.

Sumber yang kaya serat lainnya terdiri dari biji rami (flaxseed), spaghetti gandum utuh, dan kacang hijau. Buah-buahan dan sayuran juga adalah sumber serat yang bagus. Walaupun tak ada saran spesifik untuk serat tak larut, direkomendasikan untuk mengkonsumsi 14 gram dari sempurna serat harian untuk tiap-tiap 1.000 kalori, berdasarkan Dietary Guidelines for American pada tahun 2010.

Produk yang mengandung probiotik

Probiotik yaitu kuman sehat yang dapat menolong pencernaan dan mengeluarkan makanan dalam wujud feses. Ada sungguh-sungguh banyak produk makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, miso, sauerkraut, dan kimchi, sejenis acar pedas dari Korea. Penting untuk membedakan probiotik dan prebiotik. Prebiotik yaitu serat larut yang menolong dinding usus besar menjadi lebih halus dan mempercepat pergerakan feses di usus besar.

Cairan

Orang percaya bahwa minum banyak cairan dapat mencegah wasir. Cairan apa saja, seumpama teh atau jus juga dapat berprofesi, namun alternatif terbaik yaitu air putih. Kalau Anda tak dapat merasakan rasa hambar dari air putih, tambahkan tetesan lemon atau jeruk nipis sebagai penambah rasa. Dokter mengatakan bahwa buah hati perempuan wajib minum sekitar 9 cangkir dan buah hati laki-laki sekitar 13 cangkir cairan tiap-tiap hari.

Ketiga variasi makanan di atas dikenal sungguh-sungguh berguna untuk membersihkan usus. Tapi demikian, ada dua sistem lainnya yang juga rupanya tepat sasaran untuk membersihkan usus. Meski saja?

Membersihkan usus besar juga dapat melalui suplemen dan berobat ke dokter

Tubuh umumnya membersihkan usus besar dalam dua sistem. Yang satu meliputi pembelian produk, dan yang lain melibatkan perbuatan cuci usus yang dilaksanakan di dokter.

1. Suplemen bubuk atau cair

Anda dapat meminum suplemen untuk pembersihan usus besar. Suplemen lainnya dimasukkan melalui rektum. Tujuan keduanya yaitu untuk menolong usus besar mengeluarkan isinya. Ada sebagian item biasa yang dapat ditemukan dengan gampang di supermarket atau apoteker, mencakup:

Sebagian semacam itu, Anda konsisten wajib berhati-hati kala mengkonsumsi suplemen herbal. Setelah obat herbal dapat membahayakan dalam dosis tinggi, jadi ketika menerapkan suplemen herbal, senantiasa ikuti pertanda dosis yang tersedia.

2. Cuci usus

Cuci usus berprofesi seperti enema, namun melibatkan jauh lebih banyak air dan tanpa bau atau ketidaknyamanan. Selagi Anda meringkuk di meja, pompa bertekanan rendah atau tank bergravitasi menyiramkan sebagian galon air lewat selang kecil yang dimasukkan ke dalam rektum Anda.

air berada di dalam usus besar, dokter dapat mulai memijat perut Anda. Kemudian, Anda akan mengeluarkan air hal yang demikian seperti membuang air besar awam, dan progres ini menyiram keluar cairan dan kotoran dari usus besar. Kemudian, dokter dapat mengulangi progres ini sebagian kali, dan satu sesinya dapat berlangsung hingga selama satu jam.