Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Tepat yang Harus Anda Ketahui

Sakit tenggorokan biasanya terjadi karena infeksi bakteri maupun virus di saluran pernapasan atas. Penyakit radang tenggorokan banyak menyerang remaja dan anak kecil. Selain sakit ketika menelan, sakit tenggorokan ini juga bisa disertai dengan gejala seperti sakit ketika menelan, gatal di bagian tenggorokan, iritasi, hidung beringus, batuk, nyeri otot, amandel, pembesaran kelenjar di leher hingga sakit kepala. Lantas bagaimana cara mengobati radang tenggorokan ini?

Pada dasarnya, radang tenggorokan bisa sembuh tanpa obat. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan agar mengurangi gejala radang tenggorokan, seperti:

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Tanpa Obat

cara menyembuhkan radang tenggorokan tanpa kimia

  • Berkumur hingga di tenggorokan. Anda bisa menggunakan obat kumur antiseptik yang memiliki kandungan povidone-iodine. Gunakan obat kumur 2 hingga 5 kali sehari. Larutan antiseptik bisa membunuh bakteri yang menyebabkan gangguan mulut,
  • Minum cukup air putih. Lebih-lebih saat Anda sedang demam, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh,
  • Hindari rokok,
  • Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas,
  • Berkumur dengan menggunakan air hangat agar bisa meredakan radang di tenggorokan.

Umumnya, radang tenggorokan ini akan sembuh dalam satu minggu. Ada beberapa cara mengobati sakit radang tenggorokan yang bisa membantu meringankan gejala sakit Anda, antara lain:

Cara Meringankan Gejala Sakit Radang Tenggorokan

  • Konsumsi minuman hangat serta makanan lunak,
  • Pasien dewasa bisa menghisap es batu dan mengkonsumsi permen pelega tenggorokan,
  • Istirahat yang cukup, termasuk membatasi bicara sementara waktu,
  • Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk Anda, agar tidak memicu iritasi di tenggorokan,
  • Hindari zat yang bisa memicu iritasi seperti asap rokok.

Sakit tenggorokan yang dikarenakan oleh virus biasanya tidak memerlukan pengobatan. Kondisi penderita bisa membaik dalam tempo waktu 5 hingga 7 hari. Meskipun demikian, obat pereda sakit seperti parasetamol dan ibuprofen biasanya disarankan agar bisa menangani sakit apalagi ketika demam. Saat mengkonsumsi obat, baca petunjuk penggunaan obat agar tidak mengkonsumsi dosis yang berlebihan. Parasetamol adalah alternatif bagi buah hati Anda. untuk antibiotik, penggunaannya diberikan pada sakit yang disebabkan bakteri. Tiap antibiotik yang diberikan dokter harus dihabiskan meskipun gejala telah membaik, hal ini untuk mencegah infeksi menyebar di bagian tubuh lain dan memperparah keadaan si penderita.

Hal Yang Harus Di Hindari Untuk Mencegah Sakit Radang Tenggorokan

Meskipun cara mengobati radang tenggorokan mudah dilakukan, namun akan lebih baik lagi jika kita mencegah sakit ini datang. Ada beberapa hal untuk mengurangi infeksi sakit radang tenggorokan seperti menghindari berbagi minuman dan makanan, menghindari asap rokok, membersihkan barang yang sering digunakan bersama di tempat kerja seperti gagang pintu, gagang telepon hingga remote TV. Jangan lupa mencuci tangan secara teratur, lebih-lebih setelah selesai menggunakan fasilitas umum. Ana bisa membawa cairan antiseptik. Jika mencuci tangan, gunakan sabun pembersih tangan seperti Lifebuoy. Lifebuoy ampuh membersihkan bakteri dan kuman di tangan Anda.

Referensi Artikel: http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1131517/radang-tenggorokan