Museum-Museum Budaya Paling Populer di Yogyakarta

Yogyakarta atau Jogja memiliki puluhan museum dengan berbagai tema. Terhitung ada 35 museum yang berdiri di Jogja. Kesemua museum tersebut menyimpan berbagai macam benda-benda yang tak ternilai harganya. Dari sekian banyak museum yang ada terdapat museum yang khusus menampilkan benda-benda budaya dan seni. Museum tersebut antara lain Museum Ullen Sentalu, Museum Batik, Museum Wayang, Museum, Kraton Yogyakarta, Museum Affandi, dan masih banyak museum-museum lainnya. Kesemuanya memiliki karakteristiknya masing-masing yang membedakan dengan museum lainnya.  Apa saja museum budaya disukai wisatawan saat berlibur di Jogja? Berikut penjelasannya dari kami:

  1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu dari sedemikian banyak museum yang mengusung tema budaya yang ada di Jogja. Ullen Sentalu merupakan museum yang dikelola oleh 3 kerajaan yaitu Keraton Yogyakarta, Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Jadi tidak heran jika koleksi yang ada di museum ini berasal dari ketiga kerajaan Jawa tersebut. Selain itu museum ini juga menyimpan benda-benda peninggalan Mataram Kuno seperti arca dan juga peninggalan Mataram Islam. Saat berkunjung ke museum ini wisatawan akan diajak berkeliling kawasan museum yang dipandu oleh seoeang pemandu. Sang pemandu tersebut akan mengajak pengunjung memasuki setiap ruangan yang ada yang berisikan berbagai macam benda seperti: gamelan, lukisan, foto keluarga raja, batik, dan masih banyak lagi. Karena keunikannya banyak wisatwan yang datang ke museum ini.

  1. Museum Keraton Yogyakarta

Museum yang menyimpan benda-benda budaya selanjutnya adalah Museum Keraton Yogyakarta. Museum ini berada di kawasan Keraton Yogyakarta yang saat ini sebagian kawasannya dibuka untuk umum. Bangunan-bangunan yang ada di keraton difungsikan sebagai museum yang menampilkan berbagai macam benda-benda yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi. Di museum yang ada di keraton, wisatawan dapat menyaksikan berbagai macam benda budaya seperti gamelan, batik khas Yogyakarta, foto dan barang pribadi Sultan Hamengkubuwono IX, kereta kencana, keris, dan masih banyak benda budaya lainnya. Lokasinya yang berada di pusat kota dan suasananya yang unik membuat museum ini selalu ramai dikunjugi oleh wisatawan.

  1. Museum Wayang Kekayon

Museum budaya berikutnya adalah Museum Wayang Kekayon Yogyakarta. Museum ini berada di Jl Wonosari menyimpan dan mengkoleksi berbagai macam wayang yang ada di Indonesia. Wisatawan dapat melihat berbagai macam wayang yang dipajang dengan rapi di dalam museum ini. Koleksi wayang yang ada di museum ini antara lain wayang Purwa, wayang Madya, wayang Thengul, wayang Klithik, wayang beber, wayang Gedhog, wayang, dan lain lain. Walau tidak seramai museum lainnya, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk melihat keindahan wayang yang ada di museum ini.

Demikian penjelasan singkat kami tentang museum bertemakan budaya yang populer di Jogja. Jika Anda berminat mengunjunginya dengan rombongan besar, Anda bisa rental bus wisata murah Jogja agar perjalanan menjadi lebih mudah dan juga efisien.